Sepatu Cibaduyut Obyek Wisata Belanja di Bandung

tugu sepatu cibaduyutSepatu Cibaduyut tentu saja cukup melegenda, karena para pengrajin yang saat ini menempati wilayah Bandung Selatan ini juga telah mengespor sepatu atau hand-made shoes mereka kemancanegara. Sepatu model apapun bisa anda jumpai di Cibaduyut dan yang akan membuat anda terkagum-kagum adalah sepatu yang akan mereka kerjakan juga bisa disesuaikan dengan pesanan anda, mulai dari model, bahan serta ukuran dengan harga yang bervariasi pula.

Pemerintah Jawa Barat melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian juga memberikan dukungan penuh terhadap UKM yang berlangsung di Cibaduyut, maka tak heran jika gema keberadaan sepatu tersebut sangat lekat dengan warga Bandung atau mereka yang pernah mengunjungi ibu kota propinsi Jawa Barat ini.

Cara mudah menuju Cibaduyut Raya

Lokasi Cibaduyut juga sangat mudah ditujui karena jaraknya berdekatan dengan terminal bus Leuwi Panjang (sekitar 300 meter) atau anda juga bisa menggunakan angkutan umum taxi (kami sarankan Bluebird) jika ke Bandung menggunakan jasa travel Cipaganti, Xtrans, Daytrans atau Bimotrans dimana lokasi menginap anda jauh dari Jalan Cibaduyut Raya.

Sejarah panjang sepatu yang diawali pada tahun 1800 tentu saja tak lepas dari pengaruh para pedagang zaman dahulu yang diikuti oleh colonial Belanda yang pengaruhnya sangat besar ditanah Pasundan. Sejauh ini belum ada informasi resmi kapan pertama kali pusat kerajinan sepatu Cibaduyut beroperasi namun pada tahun 1989 kawan industri ini akhirnya diresmikan oleh Bapak H. M. Soeharto yang kala itu menjabat sebagai presiden Republik Indonesia.

Tak hanya dikenal diberbagai belahan dunia, pusat kerajinan kulit Cibaduyut juga merupakan lokasi penjualan sepatu yang terpanjang di dunia, karena sepanjang jalan Cibaduyut Raya, anda akan menemukan took-toko sepatu dari yang skala besar hingga kecil. Uniknya, semua sepatu yang dijual disana diproduk di gang-gang sepenjangan wilayah itu.

Puluhan miliar devisa negara tentu saja telah dihasilkan didaerah ini, maka pemerintah juga terus berupaya untuk meningkatkan akses ke Cibaduyut sekaligus terus memperkenalkannya kepada publik, baik lokal maupun mancanegara serta melalui media Online atau dengan cara pertukaran budaya dengan instansi-instansi terkait dinegara lain. Untuk kualitas kulit yang dihasilkan tentu saja tak bisa diragukan lagi karena Sepatu Cibaduyut kebanyakan terbuat dari kulit asli dibandingkan kulit sintetis.